2 Cara Membuat Foto Efek Bokeh After Focus Android

  • 2 min read
  • Sep 15, 2020
Membuat Efek Bokeh dengan AfterFocus

Saat ini yang sedang tren adalah foto yang memanfaatkan fitur bokeh agar satu objek saja yang fokus. Sedangkan semua hal yang di luar objek tersebut menjadi blur, sehingga fokus orang lain langsung tertuju pada objek tersebut. akan tetapi, fitur bokeh ini dulu hanya ada pada kamera DSLR yang tentu saja tidak dimiliki semua orang. Akhir akhir ini ada terobosan yang memberi tutorial aplikasi after focus untuk memberikan efek bokeh pada foto. Yuk simak caranya di sini!

contoh efek bokeh pada foto

APA ITU EFEK BOKEH?

Tahukah anda efek bokeh pada foto? Bokeh adalah keadaan saat suatu objek sangat fokus dan backgroundnya blur. Tentu sudah tidak asing dengan efek bokeh atau blur karena akhir akhir foto serupa sedang tren. Banyak yang mengidamkan foto dengan efek serupa agar mengikuti hal hal yang hype. Akan tetapi, belum banyak ponsel yang memiliki fitur bokeh di kamera yang diusungnya dan tidak banyak yang memiliki kamera DSLR agar dapat membuat foto foto bokeh.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan efek bokeh pada suatu foto. Anda dapat menggunakan kamera DSLR sebagai perangkat terbaik. Kedua memakai ponsel yang memiliki fitur Depth of Field. Ketiga Google Camera untuk ponsel dengan OS versi Kitkat atau memanfaatkan fitur auto fokus yang dimiliki kamera ponsel. Macro lens juga dapat digunakan untuk memotret objek kecil hingga backgroundnya blur. Tutorial aplikasi after focus jadi opsi terakhir anda

Membuat foto menjadi Bokeh

Tutorial Memeri Efek Bokeh pada Foto Melalui Aplikasi

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengunduh aplikasi afterfokus di play store dan pastikan telah terinstall di ponsel anda. setelah itu, masuk ke dalam aplikasi dan pilihlah Select from Album untuk memasukkan gambar yang akan anda edit menggunakan app satu ini. Foto yang akan anda edit tentu belum memiliki efek bokeh di dalamnya. Agar proses edit lebih mudah, anda dapat memanfaatkan mode smart yang ada di app ini.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan membuat garis putih di bagian yang ingin difokuskan. Setelah proses itu selesai, anda harus menekan BG dan buatlah sedikit garis pendek di bagian background. Tutorial aplikasi after focus selanjutnya membuat tanda merah di area yang ingin fokus dan rapikan dengan memanfaatkan fitur zoom atau brush. Langkah terakhir anda harus menekan segitiga biru dan blur untuk mengatur blurnya. Efek bokeh yang keren anda peroleh dari aperture dan tekan bokeh.

Foto yang ingin anda edit menjadi bokeh ini sebelumnya dapat memilih di antara dua pilihan, yaitu lens blur atau motion blur. Keduanya memiliki tingkat estetik yang berbeda, sehingga dapat anda gunakan sesuai dengan keinginan anda. Setelah proses editing di app after fokus ini selesai, anda harus menyimpannya. Dengan begitu, foto bokeh yang diinginkan dapat diperoleh dengan mudah tanpa perangkat yang mahal.

Bila kalian ingin mengedit foto menjadi lebih keren lagi kalian bisa baca artikel tentang Cara membuat foto terlihat seperti photographer handal, selamat mencoba!!